-->

Populer

December 13, 2016

26 Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh

Kelapa Merupakan Tumbuhan Yang Serbaguna

Kelapa adalah tumbuahan yang termasuk suku Arecaceae atau aren-arenan yang sangat serbaguna. Tumbuhan ini berasal dari pesisir Samudera Hindia dan Amerika yang kemudian menyebar ke seluruh daerah tropika termasuk Indonesia. Hampir semua bagian tumbuhan ini bisa dimanfaatkan. Mulai dari akar hingga ujung daun semuanya memiliki manfaat masing-masing.


Akar, buah, dan bunga keling seringkali dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Batangnya bisa digunakan untuk bahan bangunan, perkakas, dan jembatan. Daun sering dibuat anyaman ketupat dan hiasan. Lidi digunakan untuk membuat sapu, satu demi satu diikat dalam satu ikatan. Umbut biasa diolah menjadi acar. Sabut buah digunakan untuk membuat keset. Tempurung atau dalam bahasa sunda disebut batok bisa digunakan untuk bahan bakar dan peralatan dapur seperti di masyarakat sunda terutama daerah pedesaan sering dibuat sebagai cangkir batok. Daging buah sering dimasak untuk diperoleh minyak gorengnya, bisa dibuat margarin, dibuat saripati masakan (santan), serta bahan sabun. Ampasnya juga bermanfaat untuk pakan ternak seperti ayam, domba, sapi, dan ikan. Dan air buahnya bisa diminum segar serta bermanfaat bagi sejumlah kesehatan tubuh.

Hampir semua bagian tumbuhan kelapa bermanfaat. Namun manfaat yang luar biasa dari pohon kelapa ini adalah bagian buah, terutama daging dan air buahnya. Dan karena itu pula tumbuhan ini sering disebut tumbuhan kehidupan.

Kandungan Buah Kelapa


Buah kelapa sangat digemari oleh semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa karena rasa airnya yang manis dan menyegarkan. Apalagi diminum di siang hari pada saat cuaca panas. Buah kelapa memiliki sejumlah kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita seperti:
  • Vitamin C
  • Karbohidrat
  • Kalium
  • Natrium
  • Kalsium
  • Asam laurat
  • Asam nikotinat
  • Asam pantotenat
  • Asam folat
  • Ribiflavin
  • Biotin
  • Sodium
  • potasium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • dan Fosfor


Manfaat Buah Kelapa Bagi Tubuh


Buah kelapa sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk kesehatan tubuh, kecantikan kulit, serta kesegaran. Air buah kelapa diyakini mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang terutama bagi orang yang memiliki aktivitas berat dan menguras tenaga serta mengeluarkan banyak keringat. Bahkan beberapa penelitian mengemukakan bahwa air kelapa lebih baik dari air putih biasa. Selain itu, air kelapa sangat cocok untuk diminum selepas berolahraga. Dan bagian dagingnya sering dibuat menjadi santan untuk penyedap masakan yang sangat menyehatkan.


Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan


Air kelapa merupakan salah satu mineral alami yang sangat diminati. Selain rasanya yang segar dan manis, air kelapa juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan mampu mengatasi berbagai penyakit, apalagi air kelapa muda hijau. Karena air kelapa hijau lebih baik daripada jenis kelapa lainnya. Berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat air kelapa untuk kesehatan:

1. Mengatasi Batu Ginjal

Air kelapa mempunyai peran penting dalam mengatasi masalah penyakit batu ginjal karena air kelapa mengandung zat anti virus, anti inflamasi, dan antioksidan. Sedangkan pada penderita penyakit ginjal lebih rentan terhadap masalah infeksi dan inflamasi. Adapun batu ginjal sendiri adalah sebuah kondisi dimana terbentuknya material kecil dan keras menyerupai batu di dalam ginjal. Kondisi seperti ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa muda, dengan syarat keadaannya belum terlalu parah. Karena jika sudah sangat parah, maka air kelapa tidak bisa diandalkan lagi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Air kelapa mengandung sejumlah elektrolit, magnesium serta sejumlah nutrisi lain yang memiliki peran penting dalam proses peredaran darah ke seluruh tubuh. Selain itu air kelapa mampu meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi air kelapa muda, maka jantung tidak akan mudah terserang penyakit.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Benarkah air kelapa muda mampu menurunkan tekanan darah tinggi? Simak penjelasanya dengan teliti. Perlu diketahui bahwa tubuh kita membutuhkan asupan mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan, yaitu kalium dan natrium. Yang mana fungsi dari kedua mineral tersebut ialah untuk menjaga keseimbangan tekanan darah di dalam tubuh.


  1. Tugas unsur mineral natrium di dalam tubuh adalah untuk menaikan tekanan. Berbeda dengan unsur mineral kalium, fungsinya adalah sebaliknya dari unsur natrium, yaitu untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Kedua unsur mineral ini harus diperoleh tubuh secara seimbang agar tekanan darah di dalam tubuh dapat dikontrol dengan baik.

Ketika asupan natrium ke dalam tubuh terlalu banyak maka akan berdampak pada tekanan darah di dalam tubuh atau sering disebut dengan penyakit darah tinggi. Banyak sekali makanan yang mengandung natrium tinggi bahkan sering kita jumpai sehari-hari seperti daging, susu, ikan, garam, dan lain-lain. Terlalu banyak mengkonsumsi daging juga merupakan penyebab darah tinggi yang serius. Sedangkan unsur mineral kalium lebih banyak terdapat pada sayur dan buah-buahan, salah satunya buah kelapa. Pada buah kelapa kandungan kaliumnya terdapat pada air alami di dalamnya. Dalam 100 ml air kelapa muda terdapat 290mg kalium, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit darah tinggi.

Hasil penelitian oleh beberapa pakar kesehatan membuktikan bahwa pada pasien rawat jalan, dengan mengkonsumsi air kelapa sebanyak 2 gelas setiap hari, yaitu pagi dan sore mampu menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 10-20mmHg dibandingkan dengan tekanan dara awal sebelum mengkonsumsi air kelapa muda.

Pada intinya asupan natrium dan kalium harus seimbang agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Biasakan mengkonsumsi air kelapa atau buah-buahan, setelah makan makanan seperti daging, ikan, dan makanan lain yang mengandung natrium tinggi. Karena terlalu banyak asupan natrium sedangakn asupan kalium terlalu rendah, maka tubuh akan mudah terserang virus bahkan mudah cacingan.

4. Mengatasi Dehidrasi

Air kelapa mengandung elektrolit dan plasma yang menyerupai cairan tubuh. Kedua zat tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yakni mampu mengatasi dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Maka masalah tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin. Air kelapa juga sangat cocok untuk pengganti air putih saat sudah bosan. Dan kandungannya sangat dipercaya lebih baik daripada air putih biasa.

Banyak sekali momen dimana kita akan kekurangan cairan tubuh, salah satunya adalah ketika bekerja dan olahraga. Saat olahraga dan bekerja yang menguras banyak tenaga maka tubuh akan mengeluarkan banyak keringat sehingga cairan tubuh akan semakin berkurang, hingga badan terasa lelah. Maka air kelapa sangat cocok diminum saat itu, untuk mengembalikan stamina yang hilang.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ketika tubuh kekurangan mineral maka akan menghambat sejumlah proses yang dilakukan oleh organ tubuh, seperti pencernaan serta peredaran darah sehingga mengakibatkan suhu tubuh tidak stabil. Maka dengan mengkonsumsi air kelapa sangat cocok untuk menjaga keseimbangan daya tahan tubuh karena air kelapa megandung sejumlah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari.

6. Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Air kelapa mengndung enzim bioaktif yang terdiri dari asam folat, katalase, dehidrogenase, serta jenis enzim lainnya. Enzim tersebut berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga organ pencernaan tetap sehat.

7. Mampu Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal tentunya sangat diminati oleh semua orang. Sehingga banyak sekali orang mati-matian untuk membeli obat penurun berat badan, terutama pada kalangan wanita. Akan tetap mengkonsumsi obat kimia cenderung memiliki efek samping yang dapat membahayakan bagi kesehatan. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami bisa dengan cara mengkonsumsi air kelapa muda secara rutin. Karena air kelapa rendah akan kandungan gula, lemak, dan kalori. Program diet juga sangat cocok dengan mengkonsumsi air kelapa dengan rutin, apalagi jika didampingi dengan olahraga secara teratur, itu sangat baik sekali.

8. Mengatasi Racun Dan Virus Dalam Tubuh

Air kelapa mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Bahkan efek samping penggunaan aobat antibiotik juga bisa diatasi dengan cepat. Karena air kelapa mampu mempermudah penyerapan makanan yang diolah oleh organ pencernaan.

9. Mengatasi Diabetes

Kandungan macam-macam zat yang ada pada air kelapa alami memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, termasuk diabetes. Penderita diabetes cocok mengkonsumsi air kelapa asal tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sering.

10. Mengatasi Asam Urat

Bagi penderita penyakit asam urat, air kelapa juga cocok untuk dikonsumsi karena mengandung magnesium, kalium, elektrolit, serta potasium.

11. Mencegah Efek Samping Obat Antibiotik

Efek samping dari obat antibiotik pada tubuh sangat sering terjadi. Bahaya dari efek obat antibiotik bisa menyebabkan tumbuhnya racun hingga terjadinya peradangan pada saluran pencernaan seperti usus dan lambung. Salah satu cirinya biasanya mudah merasa pusing, mual, dan muntah. Semua masalah ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa alami, karena air kelapa alami mengandung asam laurat yang mampu menetralisir racun di tubuh.

12. Mencegah Bahaya Alkohol

Mengkonsumsi alkohol sangatlah membahayakan sejumlah kesehatan tubuh. Seperti munculnya bakteri, peradangan, serta infeksi dalam tubuh. Maka air kelapa juga mampu mengatasi hal ini dengan cara mengkonsumsinya secara rutin. Cara ini juga dapat dilakukan bagi orang yang ingin menghentikan kebiasaan mengkonsumsi alkohol.


Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Ibu Hamil


Sampai saat ini, banyak sekali produk minuman hasil olahan yang berbahan dasar kelapa yang sering kita jumpai di toko-toko. Bahkan dalam kemasannya terdapat klaim yang menunjukan minuman super alami yang menyehatkan. Akan tetapi anda harus ingat, yang lebih sehat ialah minuman yang serba alami, bukan hasil olahan seperti yang dikeluarkan oleh pabrik. Ini harus sangat diperhatikan, terutama bagi ibu hamil.

Bagi ibu hamil, air kelapa alami sangat disarankan. Karena memiliki manfaat bagi kesehatan baik janin maupun ibunya. Barikut adalah manfaat air kelapa alami bagi ibu hamil:

13. Mengurangi Kelelahan

Kandungan elektrolit pada air kelapa alami mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Sehingga ibu hamil terhindar dari masalah dehidrasi. Hal ini juga bermanfaat tak hanya bagi ibu hamil. Selain itu garam alami yang terdapat dalam tubuh dapat dengan mudah digantikan oleh air kelapa, karena air kelapa juga mengandung garam alami, seperti potasium, sodium, serta klorida.

14. Melancarkan Sirkulasi Darah

Potasium dan magnesium dalam air kelapa muda bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah baik bagi ibu hamil maupun bagi yang lainnya. Jika sistem sirkulasi darah pada ibu hamil tidak berjalan secara optimal, maka akan beresiko berkurangnya masukan oksigen pada janin. Selain itu, pada ibu hamil mengakibatkan rasa pegal dan nyeri. Masalah ini mampu diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa muda. Karena air kelapa mengandung potasium dan magnesium yang berperan penting dalam memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

15. Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan sering terjadinya perubahan hormon serta perkembangan rahim yang menekan kantung kemih. Air kelapa mampu mencegah terjadinya infeksi saluran kencing sehingga urin dapat dikeluarkan dengan lancar.

16. Mencegah Konstipasi

Konstipasi merupakan masalah susah saat buang air besar. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan memperbanyak asupan cairan berupa mineral alami ke dalam tubuh. Dan air kelapa salah satu cairan yang tepat untuk mengatasi masalah ini, terutama bagi ibu hamil.

17. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Air kelapa mengandung sejumlah antivirus, antibakteri, dan antijamur yaitu terdapat dalam asam laurat. Asam laurat mampu mencegah sejumlah virus yang akan masuk ke dalam tubuh seperti herpes dan flu. Bahakn virus yang sangat berbahaya sekalipun dapat diatasi dengan asam laurat yang terkandung dalam air kelapa alami. Seperti yang sudah terkenal di dunia yaitu virus HIV. Bagi ibu hamil, mengkonsumsi air kelapa akan membantu mencegah anak dari serangan virus berbahaya setelah lahir dan ketika menyusui. Sehingga anak terhindar dari bahaya infeksi.

Manfaat Air Kelapa Untuk Kecantikan


Air kelapa selain dapat melepas rasa dahaga dan lelah, juga bermanfaat bagi kecantikan serta perawatan kulit. Perawatan kulit sebenarnya tidak perlu dengan biaya mahal, karena banyak sekali cara alami yang terbukti ampuh dan tidak perlu menguras isi dompet. Salah satunya adalah dengan membiasakan mengkonsumsi air kelapa. Manfaat air kelapa untuk kecantikan diantaranya:

18. Mengatasi Dan Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering mengganggu, terutama pada saat menginjak usia remaja sampai umur 30 tahun. Salah satu penyebab munculnya jerawat ialah akibat tubuh kekurangan cairan hingga kulit menjadi kering. Dan kulit kering sangatlah mudah munculnya jerawat, mulai dari jerawat ringan seperti komedo, hingga jerawat yag terbilang cukup parah. Air kelapa merupakan salah satu alternatif alami ntuk mencegah dan mengatasi masalah jerawat tumbuh. Caranya pertama dengan mengkonsumsinya secara rutin agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Dan kedua yaitu dengan membuatnya menjadi ramuan alami yang dicampurkan dengan parutan kunyit serta cendana.

19. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah sebuah kondisi dimana tubuh terlihat lebih tua dibandingkan dengan usia yang sesungguhnya. Kondisi ini sangat mengganggu kesehatan serta kecantikan. Terutama bagi wanita akan mengurangi pesona orang ketika melihatnya. Salah satu penyebab kecilnya adalah sering kekurangan cairan pada tubuh yang membuat kulit menjadi keriput dan berkerut seperti terlihat lebih tua. Masalah penuaan dini ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa alami secara rutin.

20. Mencegah Uban

Terkadang ada orang yang usia masih dini tetapi sudah beruban. Hal ini sangat mengganggu masalah kecantikan terutama akan mengurangi rasa percaya diri. Air kelapa bisa dimanfaatkan untuk mencegah uban di usia dini dengan cara membialskannya ke rambut dan biarkan hingga kering.

21. Melembabkan Kulit Serta Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Manfaat air kelapa bagi kecantikan lainnya adalah mampu mengatasi masalah kulit kering dan berkerut. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan meminum air kelapa muda. Karena air kelapa mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Selain di minum, juga dibilaskan ke kulit yang bermasalah.

22. Menghilangkan Ketombe

Salah satu manfaat yang terbilang cukup unik dari air kelapa yaitu mampu menghilangkan ketombe secara cepat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membilaskan air kelapa pada kulit kepala. Jangan dibilas dulu dengan air biasa, diamkan saja hingga kering dengan sendirinya. Untuk menghilangkan ketombe seperti ini, disarankan memilih kelapa yang tidak muda, juga belum tua (yang pertengahan). Biasanya rasa airnya tidak semanis kelapa muda melainkan sedikit keasaman bahkan ada yang rasanya seperti sprite. Saya sendiri sudah sering melakukan cara ini semenjak masih di bangku SMP. Dan ternyata tidak cukup lama, hanya membutuhkan waktu 2 hari dengan 4 kali bilasan air kelapa, ketombe pun menghilang dengan sendirinya.

23. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak juga perlahan-lahan bisa diatasi dengan air kelapa alami. Caranya masih dengan mengkonsumsinya sebagai minuman segar serta membilaskan ke bagian kulit yang berminyak. Terutama kulit kepala yang sering berminyak sangat cocok dengan air kelapa ini.

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesegaran


Air kelapa alami terutama air kelapa ijo muda sangat bermanfaat untuk kesegaran tubuh, diantaranya:

24. Menyegarkan Tenggorokan Kering

Tenggorokan kering ketika cuaca panas atau akibat kekurangan cairan akan terasa sakit dan perih, maka sangat enak jika meminum air kelapa alami. Airnya yang menyegarkan dan menyehatkan membuat tenggorokan kering menjadi sehat kembali.

25. Mencerahkan Otak

Sejumlah zat  yag terkandungan pada air kelapa alami, mampu melancarkan proses peredaran darah, serta pencernaan dalam tubuh. Sehingga membuat aliran darah ke otak semakin lancar. Disertai rasa manis dan dingin, membuat otak akan terasa fresh kembali setelah kita mengkonsumsinya.

26. Meningkatkan Isotonik Tubuh

Bagi anda yang mudah lelah dan cepat haus, cobalah sesekali ganti air putih biasa dengan air kelapa alami. Karena air kelapa alami mampu meningkatkan isotonik tubuh secara cepat dan tidak berbahaya. Dengan mengkonsumsi air kelapa alami maka tubuh akan terasa lebih fit walaupun sehari-hari dipadati dengan sejumlah aktivitas.

Jumlah Konsumsi Air Kelapa Yang Tepat


Harap diperhatikan! Air kelapa memang sangat mudah diperoleh. Namun untuk mengkonsumsinya tidak boleh berlebihan. Cukup minum 1 gelas setiap hari demi manjaga kesehatan tubuh yang baik. Jika anda mengkonsumsi air kelapa setiap hari sekitar 263 ml, maka sama halnya anda memperoleh asupan hingga 45-60 kalori. Dan jika kalori tersebut tidak dibutuhkan oleh tubuh, maka badan akan mengalami penambahan berat sekitar 2 kg per tahunnya.

Efek Samping Yang Mungkin Terjadi


Air kelapa memang kerap disarankan bagi ibu hamil. Nmaun tidak semua ibu hail menyukainya. Jangan memaksakan untuk mengkonsumsinya jika kurang menyukainya. Andaipun mencoba, jangan dulu banyak-banyak. Konsumsi sedikit demi sedikit dan perlahan.

Selain itu bagi orang yang sedang menjalani operasi, disarankan jangan dulu mengkonsumsi air kelapa dikarenakan air kelapa memiliki kandungan kalori yang tinggi. Sehingga dikhawatirkan pada kondisi tekanan darah selama pascaoperasi.

Hal lain yang dimungkinkan akan mendapat efek samping negatif bagi kesehatan ialah air kelapa yang sudah dalam kemasan, sekalipun itu diberi label halal dan terdapat keterangan menyehatkan. Akan tetapi yang lebih menyehatkan adalah air kelapa alami yang diambil langsung dari tangkainya.

Itulah penjelasan mengenai manfaat air kelapa bagi tubuh. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Jika dalam artikel ini terdapat kesalahan karena kekeliruan dari penulis maka diperkenankan untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah disediakan demi kebaikan semuanya. Terimakasih
Baca Juga :