-->

Populer

December 10, 2016

35 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Mengenal Bengkoang


Bengkoang merupakan tanaman jenis ubi yang berasal dari daerah Amerika tropis. Kemudian bengkoang ini menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Pada umumnya bengkoang ini tumbuh di daratan tinggi yang suhunya dingin seperti di gunung. Di indonesia pun sudah banyak yang membudidayakan jenis tanaman ini. Mereka menanamnya untuk dijadikan bahan makanan, tepung, bahan perawatan dan kecantikan serta kesehatan.



A. Ciri-ciri Bengkoang

Bengkoang memiliki warna putih di bagian kulit dan dagingnya. Buahnya berbentuk garis, pipih, berambut, berambut, hingga berbiji. Tanaman ini memiliki panjang hingga mencapai 5 sampai 6 meter, dengan batangnya yang biasa menjalar serta membelit. Panjang akarnya bisa mencapai 2 hingga 2,5 meter.

Bentuk daunnya bundar dan melebar seperti bundaran telur dadar. Ujung daunnya runcing dan memiliki rambut di sisi-sisinya. Daun bengkoang tergolong majemuk dan beranak hingga 3 lembaran, anak daun yang paling ujung cenderung lebih besar hingga menyerupai belahan ketupat. Terdapat bunga di ujung atau di ketiak daun dan berambut cokelat.

B. Pembudidayaan Bengkoang



Bengkoang biasanya tumbuh di daratan tinggi bersuhu dingin akan tetapi berbeda dengan di Indonesia. Di Indonesia tanaman ini ternyata lebih cocok di tanam di dataran rendah dengan ketinggian sekitar 1500 meter dari permukaan laut dengan curah hujan sekitar 700-1000 mm per tahunnya. Kemudian tempat yang bagus untuk membudidayakan tanaman ini adalah dengan suhu berkisar antara 25 hingga 28°Celcius. Bengkoang sangat cocok di tanam di tanah yang bercampur pasir atau lempung pasir dengan kandungan zat hara yang tinggi. Jadi pemilihan tanah harus tepat demi mencapai hasil yang cukup baik.

  • Memilih Benih
Pemilihan benih adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menanam. Dalam memilih benih bengkoang yang bagus ada 2 cara yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah dengan menyeleksi tanaman yang sudah ada. Caranya pilih beberapa tanaman yang paling sehat dan biarkan hingga berbungan dan mengeluarkan polong. Lebih baik di tandai atau dikasih ciri biar tidak berbaur ketika di panen. Adapun tanaman yang tidak dipilih harus, bunganya harus tetap dipangkas supaya menghasilkkan ubu. Karena tanaman bengkoang yang bunganya tidak dipangkas maka tidak akan menghasilkan ubi sama sekali, sekalipun ada maka ubinya tidak sebagus tanaman yang dipangkas. Kemudian tanaman yang dipilih tadi di panen apabila umurnya sudah tua. Nah untuk menyimpan benih ini sebaiknya jangan mengupas kulit polongnya. Simpan di tempat yang baik agar tidak rusak.

Cara yang kedua yaitu memilih benih setelah panen. Cara ini sedikit cukup efektif karena lebih mudah dalam pemilihannya. Caranya yaitu memilih ubi yang paling bagus kualitasnya. Bisa dilihat dari bentuk, ukuran, hingga keadaan cacat atau tidaknya. Sebelum melakukan penanaman benih sebaiknya direndam terlebih dahulu selama 10-12 jam kemudian angkat kembali dan diamkan selama satu hari. Kemudian cara terakhir adalah menanam benih ubi di tempat yang lembab dan biarkan hingga tumbuh tunas. Dari sekian banyak tunas yang tumbuh pilihlah tunas yang lebh baik. Ciri tunas yang baik adalah yang muncul dekat pada pusat ubi. Lalu rawat dan biarkan tanaman tumbuh besar hingga menghasilkan ubi yang lebih baik.
  • Mengolah Dan Merawat Tanah
Cara mengolah tanah untuk di tanami bengkoang tidak terlalu sulit. Caranya bisa dicangkul atau di bajak dengan alat-alat lain. Kemudian dibuatlah bedengan dengan ketinggian 20-25 cm dan lebar 1 meter. Antara bedengan satu dengan bedengan lainnya berilah jarak sekitar 40 sampai 50 cm.

Sebelum ditanami bengkoang, langkah yang paling baik adalah menaburkan pupuk terlebih dahulu. Gunakan pupuk kompos atau kandang agar hasil lebih maksimah. Kemudian aduk dengan tanah hingga rata. Selajutnya adalah pembuatan lubang kurang lebih dalamnya 5-7 cm, tujuannya adalah untuk menyimpan benih bengkoang. Dalam satu bedeng yang telah di buat biasanya ditanami dua barisan bengkoang dengan jarak dari lubang satu ke lubang lainnya sekitar 25 cm.
  • Perawatan Tanaman Bengkoang
Untuk merawat tanaman bengkoang agar hasil panen lebih baik dan memuaskan lakukan perawatan dengan mengontrol keadaan tanah. Tanah yang ditanami bengkoang jangan terlalu kering dan jangan terlalu basah. Jika kekeringan maka bisa dilakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore. Tujuannya agar tanaman tidak layu dan mati.

Batang tanaman bengkoang akan tumbuh jika sudah berumur sekitar 2 minggu. dalam umur ini para petani biasanya sering-sering mengontrol tanaman bengkoangnya karena dikemungkinan ada yang tidak tumbuh atau tumbuhnya monoton. Langkah alternatifnya bisa di tanam lagi dengan yang baru atau lebih baiknya ditanami kacang sebagai penyulaman demi menambah nitrogen.

Untuk pemupukan biasanya dilakukan setelah umur tanaman mencapai 3 minggu. Lakukan pemupukan secukupnya saja, disesuaikan dengan kondisi tanah. Pemupukan yang baik untuk tanaman ini adalah menggunakan pupuk kandang yang sudah dikeringkan. Pemupukan biasanya dilakukan 2 kali. Pemupukan yang ke 2 kalinya adalah sebagai tambahan saja. Namun apabila sudah terlihat baik maka tidak usah diberi pupuk tambahan, atau cukup satu kali saja.

Kemudian melakukan pengguntingan pada pucuk daun ketika tanaman sudah berumur 1 bulan. Dan pengguntingan kedua dilakukan setelah tanaman berumur 2 bulan. Harap diperhatikan, dalam melakukan pengguntingan pucuk daun harus mengontrol terlebih dahulu tanaman tersebut. Apakah bunganya sudah mekar atau belum. Karena jika melakukan pengguntingan pucuk sebelum bunganya mekar maka ubi yang dihasilkan tidak akan sempurna seperti biasaya melainkan tumbuh seperti wortel, yaitu kecil dan panjang. Kecuali jika anda ingin memilihnya untuk dijadikan benis selanjutnya, maka tidak boleh melakukan pengguntingan. Dan pengguntingan ketiga dilakukan setelah tanaman berumur 3,5 bulan. Hal ini bertujuan agar ubi berkembang dengan cepat.

C. Pencegahan Hama

Demi menghasilkan panen bengkoang yang memuaskan, maka lakukan perawatan. Namun tanaman ini tidak begitu banyak hama seperti tanaman-tanaman lainnya. Hanya saja yang suka mengganggu adalah sering muncunya bercak pada daun, daun kemerahan, dan kumbang. Untuk melakukan pencegahan terhadap serangan hama ini, para petani biasanya melakukan rotasi dengan palawija lainnya. Tetapi pada dasarnya untuk agar tanaman menghasilkan panen yang lebih baik harus ditinjau dari keadaan tanah, suhu, dan pemilihan benih yang tepat.

D. Panen bengkoang

Umur tanaman bengkoang biasanya mencapai sekitar 4 bulan. Jadi jika tanaman bengkoang sudah berumur 4 bulan maka sudah cukup untuk dipanen. Namun di Indonesia ada juga yang berumur hingga 7 sampai 11 bulan, yaitu bengkoang jenis varietas badur. Adapun bengkoang yang berumur 4 bulan adalah varietas genjah. Yang sudah saya jelaskan di atas adalah tanaman bengkoang varietas genjah.

Kandungan Bengkoang


Bengkoang adalah jenis tanaman yang memiliki serat alami yang tinggi dan bermanfaat baik untuk kesehatan organ pencernaan. Banyak sekali kandungan yang dimiliki oleh bengkoang ini seperti sejumlah vitamin penting yaitu vitamin A, vitamin, E, vitamin C, folat, thiamin, dan jenis vitamin lainnya yang termasuk kelompok B-kompleks. Kandungan lainnya seperti karbohidrat, protein, mineral serta zat elektrolit seperti sodium dan kalium terdapat dalam tanaman begkoang ini.

Manfaat Bengkoang


Bengkoang kini sudah bayak ditemukan di pasar-pasar. Ubi bengkoang ini sangat laku di pasaran karena memilik sejumlah manfaat yang baik. Ubi bengkoang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Banyak sekali produk kecantikan yang bahan dasarnya dari bengkoang seperti yang sudah sangat terkenal adalah citra. Bengkoang juga sangat bermanfaat untuk mencegah sejumlah penyakit yang sering muncul seperti penyakit maag, diabetes, melancarkan peredaran darah, hingga menguatkan daya ingat otak. Berikut ini adalah pemaparan tentang manfaat bengkoang:

A. Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan


Bengkoang sudah sangat terkenal karena memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk mencegah datangnya penyakit. Selain harga yang relatif murah, tanaman ubi ini juga mudah ditemukan dan diolah.
  • Mencegah Dan Mengurangi Sakit Maag
Bengkoang kaya akan serat alami yang berguna untuk melancarkan proses pencernaan. Oleh karena itu mengkonsumsi bengkoang sangatlah baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan yaitu lambung dan usus. Bahkan ketika sakit maag menyerang, bisa diredakan dengan bengkoang ini.
  • Mencegah Diabetes
Bengkoang mampu menurunkan kadar gula darah karena bengkoang ini tidak memiliki glukosa. Sedangkan orang yang sedang megalami penyakit diabetes itu tidak boleh mengkonsumsi makanan yang memiliki karbo tinggi serta gula. Maka cara lain sebagai pencegahan yang cukup baik bisa dengan bengkoang.
  • Membantu Memperlancar Proses Pencernaan
Buah bengkoang ini sangat mudah untuk dikonsumsi kapan saja. Dan manfaat lain bagi kesehatan adalah dapat membantu memperancar proses pencernaan karena bengkoang ini adalah jenis ubi yang memiliki serat alam tinggi. Buah ini bisa anda konsumsi secara rutin agar pencernaan anda tetap lancar.
  • Menguatkan Tulang
Bengkoang memiliki sejumlah fosfor cukup tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Tulang sangat penting untuk dijaga kesehatan dan kekuatannya karena tulang merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menopang, menggerakan, serta menegakan badan.
  • Megoptimalkan Kinerja Jantung
Tembaga dalam bengkoang sangat membantu untuk meningkatkan kinerja jantung. Tembaga berfungsi meningkatkan neutrofil , meningkatkan sel darah merah dan putuh, serta meningkatkan jumlah kalsium dalam tulang. Tembaga bekerjasama dengan zat besi dan hemoglobin dalam mengoptimalkan kinerja jantung. Mungkin sudah pada paham bahwa jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh melalaui pembuluh darah. Namun apabila sel-sel darah dalam jantung terus menurun maka akan sangat membahayakan sejumlah kesehatan organ tubuh lainnya. Bahkan jika kekurangan tembaga maka tubuh akan cepat lelah. Maka dari itu, mengkonsumsi bengkoang akan sangat membantu meningkatkan kinerja jantung.
  • Menyehatkan Otot Tubuh
Otot tubuh memerlukan asupan penting seperti zat besi guna untuk menguatkan dan menyehatkan selama kerjanya. Bengkoang adalah salah satu makanan yang mengandung sejumlah zat besi yang baik untuk dikonsumsi. Bahkan zat besi yang dihasilkan bengkoang mampu mengurangi cedera dan sakit pada otot-otot tubuh. Maka bengkoang sangat cocok untuk dikonsumsi untuk menyehatkan dan mmemperkuat otot.
  • Meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh
Fungsi adanya metabolisme di dalam tubuh adalah untuk menghasilkan energi, pembakaran pada tubuh dan meningkatkan energi di dalam sel. Proses metabolisme dalam tubuh memerlukan zat asam yang untuk memperlancar dan bekerja dengan baik. Bengkoang memiliki kandungan asam sebanyak kurang lebih 3 persen. Maka bengkoang juga bermanfaat baik untuk memperlancar proses metabolisme di dalam tubuh serta mampu membakar lemak. Jadi bermanfaat juga bagi yang lagi menjalankan proses diet.
  • Meingkatkan Sel Dara Merah
Kandungan bengkoang juga bisa menghasilkan riboflvin yang fungsinya adalah untuk meningkatkan sel darah merah. Maka bengkoang ini sangat cocok dikonsumsi karena jika tubuh kekurangan sel darah merah maka akan terserang penyakit yang membahayakan seperti anemia dan penyakit yang cenderung mematikan.
  • Mencegah Terjadinya Stroke
Bagi yang memiliki penyakit stroke alangkah baiknya mengkonsumsi bengkoang secara rutin karena bengkoang mengandung kalium sebanyak 3 persen. Kandungan kalium dalam bengkoang akan membantu mencegah dan megurangi penyakit stroke yang diderita oleh manusia.
  • Mempercepat Tinggi Badan
Siapa yang tak ingin memiliki tubuh tinggi dan ideal? Semua orang pasti ingin memilikinya. Tinggi badan yang ideal bisa di dapat sala satunya dari phyto-nutrisi yang terkandung dalam bengkoang. Hal ini membuktikan bahwa bengkoang sangatlah cocok untuk dikonsumsi terutama di kalangan anak-anak dan remaja dalam masa pertumbuhan.
  • Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Bahaya dari darah tinggi di dalam tubuh sangat berbahaya sekali. Bahkan resiko bagi penderita darah tinggi adalah kematian. Dan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Bengkoang memiliki sejumlah kalium yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi. Maka bagi anda yang memiliki darah tinggi bisa mengkonsumsi bengkoang agar terhindar dari penyakit yang mematikan.
  • Membangun Dan Memperkuat Daya Ingat Otak
phyto-nutrisi yang terkandung di dalam bengkoang juga bermanfaat baik untuk meningkatkan daya ingat otak terutama bagi kalangan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Bagi sang ibu bisa membrikan bengkoang sedikit demi sedikit agar anak memiliki daya ingat otak yang kuat sehingga anak menjadi cerdas.
  • Menyehatkan Mata
Bengkoang jika dikonsumsi secara rutin maka akan membantu menyehatkan mata, terutama untuk menghindari penyakit katarak. Mengapa demikian? Karena bengkoang memiliki beta karoten seperti jenis sayuran berupa wortel. Bengkoang juga sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sering bekerja di depan layar komputer. Dengan mengkonsumsi bengkoang maka mata anda akan terasa normal dan tidak mudah letih.
  • Pembentukan Enzim
 Bengkoang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan enzim. Fungsi enzim adala sebagai kalisator yang mempercepat lajunya sebuah reaksi. Pada tubuh manusia enzim berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan mulai dari mulut, lambung, usus halus, dan pankreas.
  • Mengatasi Penyakit Asma
Penderita asma bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi bengkoang, karena bengkoang memiliki sejumlah magnesium yaitu sekitar 3 persen. Dengan asupan suplemen magnesium pada penderita penyakit asma maka otot-otot bronkus akan bekerja dengan rileks sehingga pernapasanpun kembali normal.
  • Manfaat Untuk Diet
Bengkoang memiliki kandungan asam dan kaya akan serat alami sedangkan kandungan gulanya sedikit. Selain itu bengkoang ini rendah kalori dan mengandung sejumlah nutrisi yang sangat mendukung utuk program diet. Serat alami yang tinggi juga dapat memabntu mempercepat diet dengan melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh.
  • Menangani Penyakit Batu Ginjal
Bengkoang mengandung sejumlah fosfor serta potasium yang cukup banyak. Selain itu kandungan zat besi, protein, karbohidrat, vitamin C, serta vitamin B1 terkandung pula dalam bengkoang. Sehingga membuat bengkoang ini menjadi salah satu makanan yang baik untuk mengobati penyakit batu ginjal. Cara yang paling mudah adalah dengan dibuat menjadi jus, yang dicampur dengan madu alami.
  • Menjaga Daya Tahan Tubuh
Sejumlah kandungan yang dimiliki oleh bengkoang sangat bermanfaat untk menjaga keseimbangan daya tahan tubuh serta pigmen tubuh. Mengkonsumsi bengkoang sedikit lebih ceria, sehat, kuat, serta badan lebih bugar dan tidak mudah lelah.
  • Membantu Menyerap Mineral
Magnesium yang terkandung di dalam bengkoang berfungsi untuk menyerap mineral di dalam tubuh yaitu terjadi pada usus halus. Selain itu, bengkoang juga mampu menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh.
  • Menjaga Kesehatan Ketika Lanjut Usia
Penampilan serta kesehatan tubuh ketika sudah lanjut usia sangat cepat terganggu. Kondisi fisik mulai melemah, rambut mulai rontok, serta kulit menjadi tambah keriput. Semua hal itu sedikitnya bisa diatasi dengan mengkonsumsi bengkoang. Terutama bagi kaum wanita yang mudah terlihat cepat tua.
  • Menjaga Kekebalan Tubuh
Virus serta bakteri yang sering menyerang pada tubuh juga bisa diatasi dengan engkonsumsi bengkoang secara rutin. Karena bengkoang mengandung fitonutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yaitu untuk memberikan nutrisi pada tubuh serta meningkatkan imun tubuh. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi begkoang 2-3 kali dalam seminggu.
  • Melancarkan Respirasi
Bengkoang juga memiliki kandungan riboflavin yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk melancarkan respirasi. Respirasi sendiri adalah pertukara gas yang dilakukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi bengkoang, maka tubuh tidak akan keracunan oleh karbondioksida. Dengan bengkoang juga mampu menstabilkan daya tahan tubuh ketika kekurangan oksigen.
  • Menyegarkan Tenggorokan
Tenggorokan yang kering dan panas baik disebabkan karena faktor makanan atau sehabis bekerja di siang hari dalam keadaan cuaca lagi panas, maka sangat cocok makan buah bengkoang. Karena buah bengkoang ini mengandung mineral yang cukup banyak.
  • Mengobati Sariawan
Sariawan juga ternyata bisa disembuhkan dengan bengkoang. Yaitu dengan dibuat sebagai ju segar dan diminu secara perlahan-lahan. Bisa juga dengan di kumur-kumur di mulut dan dibuang kembali.

B. Manfaat Bengkoang Untuk Kecantikan


Bengkoang selain menjadikan buah penyegar, memang terkenal sebagai bahan untuk perawatan kulit dan wajah (kecantikan), karena mengandung sejumlah vuitamin dan mineral yang sangat tinggi. Buah bengkoang sebagai bahan perawatan kecantikan juga sudah sangat diakui oleh dunia. Berikut ini adalah daftar manfaat bengkoang untuk kesehatan kulit dan kecantikan:
  • Mencegah Dan Mengobati Jerawat
Bengkoang mengandung vitamin C yang sangat baik untuk merawat kecantikan kulit terutama wajah. Selain itu, bengkoang juga engandung zat yang mampu membunuh bakteri pada kulit. Sehingga banyak orang yang menggunakan bengkoang sebagai bahan perawatan kulit secara alami. Cara mengobati jerawat dengan bengkoang bisa dengan dibuat menjadi masker wajah dengan cara memarut atam diblender hingga lembut. Selain itu juga dibantu dengan dibuat menjadi jus segar.
  • Mencerahkan Kulit Wajah
Buah bengkoang sangat terlihat cantik, putih, serta memiliki saripati yang banyak dalam dagingnya. Sripati ini berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah yang terlihat kusam, bernoda, serta kulit gelap. Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan membuatnya menjadi masker wajah. Pertama kupas bengkoang, lalu dicuci dengan bersih. Setelah itu blender atau diparut dan hasil parutannya diperas dengan kain. Diamkan hasil parutan dalam wadah hingga menyisakan endapan. Nah, endapan tersebutlah yang akan dibuatkan masker pada wajah. Lakukan ini di malam hari sebelum tidur dan biarkan hingga pagi hari. Ketika bangun pagi baru dibersihkan kembali.
  • Mendinginkan Kulit Wajah
Bengkoang mengandung air mineral yang cukup tinggi shingga jika dikonsumsi buahnya sangatlah menyegarkan terutama di siang hari ketika panas trik mendatang. Selai itu, buah bengkoang bisa digunakan sebagai pendingin wajah setekah kepanasan dengan dibuat mejadi masker. Ketika kulit wajah terasa panas dan kering maka bisa disegarkan kembali dengan bengkoang ini.
  • Mengatasi Kulit Berminyak
Kulit berminyak sangatlah mengganggu aktivitas terutama saat tampil di depan umum yang mengakibatkan kurang percaya diri. Masalah kulit berminyak cukup mudah diatasi dengan bengkoang yaitu dengan dibuatkan masker ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu dibilas kembali dengan air bersih.
  • Sebagai Bahan Alami Pelembab Kulit
Kandungan air yang terdapat di dalam buah bengkoang selain menyegarkan ternyata juga mengandung anti inflamasi. Anti inflamasi yang terdapat dalam air bengkoang sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah yang kusam dan kering sehingga wajah tetap ceria dan segar. Untuk melembabkan kulit yang kering, anda bisa mejadikan begkoang sebagai masker dan selebihnya dibuat menjadi jus.
  • Menghilangkan Bintik-bintik Hitam Pada Wajah
Bintik-bintik hitam yang sering muncul di wajah juga bisa dengan mudah dihilangkan oleh bengkoang. Caranya dengan dibikin menjadi masker. Namun hasil yang sempurna bisa anda raih setelah melakukannya dengan rutin 3 sampai 4 kali dalam seminggu.
  • Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat Dan Segar
Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya seperti vitamin B dan vitamin C, membuat bengkoang sangat cocok dijadikan sebagai bahan alami mencegah dan mengatasi sel kulit yang mati. Dengan di buat masker wajah atau dibuat menjadi bedak dan melakukan perawatan secara teratur bengkoang ini maka akan menghasilkan kulit yang bersih dan segar terutama pada kulit wajah.
  • Mengobati Penyakit Biri-biri
Penyakit biri-biri sering disebut juga dengan beri-beri, adalah penyakit yang diakibatkan kurangnya asupan vitamin B serta mineral ke dalam tubuh. Tanda orang mengalami penyakit ini biasanya terlihat pada kulitnya yang mengalami pembengkakan terutama pada betis serta bintik-bintik yang menyebar. Buah bengkoang ini memiliki kandungan vitamin B yang bisa dijadikan altefnatif untuk mencegah penyakit beri-beri. Konsumsilah secara rutin 3 kali dalam seminggu.
  • Mencegah Penuaan Dini
Apakah anda tau mengenai penuaan dini? Penuaan dini adalah kondisi dimana wajah terlihat seperti tua tetapi umur masih muda. Semua orang tentu saja tidak menginginkan hal ini terjadi. Bengkoang ini sangatlah cocok untuk mencegah hal ini, karena mengandung vitami C. Anda bisa mengkonsumsi bengkoang dengan dibuat jus dan masker wajah di malam hari agar terhindar dari penuaan dini.
  • Menyehatkan Kulit Rambut
Kulit rambut seringkali mendapat masalah yang sangat mengganggu terutama rasa gatal yang menyerang baik itu bakteri maupun kuman yang nempel. Hal ini bisa diatasi dengan air bengkoang yang segar dibantu sama mentimun. Caranya yaitu di blender dan di saring airnya lalu disiramkan pada kulit rambut. Setelah beberapa menit lalu dibilas kembali, maka kulit kepala akan sangat terasa segar.

C. Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan Rambut


Bengkoang juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan rambut secara alami. Silahkan baca pemaparannya di bawah ini:
  • Mengatasi Rambut Rontok Dan Patah
Kulit kepala yang kering dan panas biasanya mengakibatkan rambut rontok dan mudah patah. Cara alami yang bisa dilakukan sebagai pencegahan terhadap hal ini salah satunya adalah dengan sari bengkoang. Perasan air bengkoang mampu mencegah kulit kepala kering hingga rambut rontok dan mudah patah dengan di bilaskan ke kepala. Alangkah baiknya dicampur dengan air mentimun atau lidah buaya.

Jadi itulah sejumlah hal yang berkaitan dengan bengkoang. Mulai dari ciri-cirinya, cara nanamnya, kandungan, serta manfaatnya sudah sangat terbukti baik untuk dikonsumsi. Semoga dengan artikel ini menambah pemahaman anda tentang macam-macam penyakit, manfaat buah, obat tradisioanal, serta cara merawat kesehatan kulit dan tubuh secara alami.
Baca Juga :