-->

Populer

November 21, 2016

Cara Paling Efektif Mengatasi Penyakit Tukak Lambung

Salah satu penyakit yang paling sering di derita manusia adalah penyakit maag. Penyakit ini bisa saja terjadi di semua kalangan, baik itu kanak-kanak, remaja, dewasa, serta manula. Salah satu pemicu sakit maag adalah munculnya penyakit tukak lambung yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti makanan, minuman, serta kondisi psikologis.

Pada umumnya, penyakit tukak lambung bisa dirasakan dengan beberapa ciri atau gejala tertentu, seperti nyeri pada ulu hati, sakit perut, kurangnya nafsu makan, sakit pada leher, dada, pusar, dan punggung.


Tukak lambung adalah penyakit yang sangat potensial mengundang sakit maag kronis. Bahkan sampai saat ini banyak sekali para pengusaha yang membuat produksi obat-obatan untuk penyakit ini, sampai-sampai mereka mengiklankannya di berbagai media seperti TV serta media sosial lainnya. Hal ini menunjukan saking banyaknya permintaan pasar dan bagi mereka merupakan sebuah kesempatan untuk mencari pundi-pundi rupiah. Kalo begitu berarti orang sakit juga ada manfaatnya dong bagi orang lain? hehe...

Ya, memang kalo kita pikir-pikir semua yang Tuhan ciptakan di dunia ini ada manfaatnya masing-masing. Salah satunya kita ambil satu contoh kecil Tuhan menciptakan nyamuk. Secara umum nyamuk itu hanya membawa wabah penyakit bagi kita, namun disamping itu kita lihat berapa juta orang yang bisa makan dari hasil produksi baygon dan obat nyamuk lainnya. Setuju kan? Jadi semua yang diciptakan di muka bumi ini ada manfaatnya msing-masing.

Ok, sekarang kita kembali lagi ke permasalahan yang tadi yaitu bagaimana cara mengatasi penyakit tukak lambung? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini, namun walau bagaimanapun pengobatan itu harus disesuaikan dengan kondisi penyakit yang di derita. Seperti halnya penyakit tukak lambung ini. Langkah pengobatan untuk setiap pasien itu tidak cenderung sama tergantung penyebab yang dialaminya.

Biasanya para dokter menyarankan obat tertentu untuk penyakit tukak lambung ini, diantaranya dengan obat:
  • Antibiotik (Amoxicillin, Clarithromycin, dan Metronidazole). Dokter menyarankan menggunakan obat ini ketika penyakit tukak lambung ini disebabkan oleh Bakteri Helicobacter Pylori.
  • Antasida dan Algiant. Kedua obat ini berfungsi untuk menetralkan asam lambung dengan cepat, da menjaga dinding lambung dari iritasi. Obat ini bisa menurunkan rasa nyeri dengan cepat, tetapi tak cukup hanya dengan dua jenis obat ini karena masih membutuhkan tambahan obat lain untuk proses penyembuhan.
  • Obat Penghambat Reseptor H2. Fungsi obat ini adalah untuk menurukan asam lambung, sehingga rasa sakit, mual, mules, dan sembelit akan semakin berkurang.
  • Penghambat Pompa Proton. Jenis obat ini adalah untuk penderita penyakit tukak lambung yang disebabkan oleh obat anti inflamasi non-steroid. Jenis obat penghambat pompa proton yang seing diberikan dokter adalah Lansoprazole.
Itulah jenis-jenis obat yang sering disarankan dokter kepada penderita penyakit tukak lambung. Mungkin dari anda ada yang mempunyai pertanyaan seperti ini, apakah penyakit tukak lambung bisa disembuhkan dengan 4 jenis obat di atas? Saya katakan tidak, karena percuma jika hanya mengandalkan obat dari dokter saja. Penyakit ini akan sembuh jika kita merubah pola makan dan gaya hidup.

Jika ingin benar-benar sembuh dari penyakit tukak lambung ini, makan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai pencegahan sekaligus proses penyembuahan. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Melakukan pengobatan dengan obat alami. Banyak sekali obat tradisional yang cocok untuk penyakit tukak lambung. Bahkan menurut pengalaman saya, ramua alami itu jauh lebih efektif untuk mencegah dan menyembuhkan penykit. Salah satunya yang bisa dilakukan adalah dengan ramuan daun jambu biji.
  • Mengurangi minuman tea dan kopi karena memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi. Jika terus menerus mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, maka asam lambung akan semakin meningkat dan menyebabkan kerusakan pada dinding lambung.
  • Tidak meminum minuman keras. Minuman yang mengandung alkohol akan mengakibatkan iritasi lambung, apalagi pada kondisi lambung yang sedang mengalami peradangan akan sangat cepat tumbuhnya penyakit tukak lambung yang sehingga mengakibatkan maag kronis.
  • Menghindari rokok. Merokok juga adalah salah satu pemicu tumbuhnya penyakit tukak lambung, maka hindarilah kebiasaan ini.
  • Mengurangi konsumsi makanan pedas, berminyak, dan berlemak.
  • Berolahraga dengan rutin agar peredaran darah ke organ pencernaan tetap lancar. Selain itu berat badan yang sehat dan ideal merupakan salah satu cara yang baik untuk mencegah penyakit tukak lambung.
  • Biasakan makan santai atau dengan durasi yang agak lama agar tekstur makanan yang masuk ke dalam lambung sudah halus dikunyah di mulut. Hal ini biar lambung dengan sangat mudah meresap dan mencerna sari-sari makanan yang kita konsumsi.
  • Jangan biasakan makan banyak. Lebih baik sedikit-sedikit namun lebih sering, agar lemak lambung tidak menumpuk.
  • Mengkonsumsi makanan yang kaya serat alami.
  • Menjaga kebersihan. Biasakan mencuci tangan sebelum makan dan pastikan juga makanan yang kita konsumsi dalam keadaan bersih dan sehat.
Itulah sejumlah cara efektif untuk mengatasi sekaligus mencegah penyakit tukak lambung.

➤ Baca Juga : Cara Membuat Ramuan Jambu Biji Untuk Mengobati Tukak Lambung
Baca Juga :